Khasiat Buah Salak


Salak, buah yang satu ini biasa kita konsumsi apa bila musimnya tiba. selain rasanya segar dan manis, buah salak ini juga sering dimanfaatkan untuk berbagai makanan seperti manisan dan asinan.  Tapi apakah hanya itu manfaat dari buah salak? ternyata tidak sebatas itu, buah salak merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida. Salah satu manfaat dari buah salak adalah sebagai obat mencret. Caranya cukup dengan mengkonsumsi 20 gram daging buah yang masih muda.


Menurut dr. Hendrawan Nadesul, buah salak sangat berguna bagi kesehatan mata. perawatan mata seyogyanya sudah dimulai sejak kecil. Bahkan sejak masih dalam kandungan. Bagaimana ibu sewaktu hamil mencegah infeksi toxoplasmosis agar bayi yang dikandung tidak cacat pertumbuhan retina bola matanya. Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A.
Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nach bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan buah salak (paling enak dibuat jus salak).

Mengkonsumsi banyak wortel sebagai sumber vitamin A terbanyak, atau menambah ekstra minum vitamin A tidaklah menyembuhkan rabun jauh. Ketajaman mata tidak terkoreksi dengan pemberian vitamin A. vitamin A pada mata hanya menambah ketajaman dalam melihat terang dan gelap (rabun senja). Dr. Hendrawan juga mengatakan bahwa letak gangguan kelainan rabun jauh bukanlah di retina tetapi di garis sumbu mata yang memendek, sehingga obatnya adalah kacamata.
Penelitian terbaru yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

Nah kalau sudah begitu kenapa kita tidak mengganti wortel dengan mengkonsumsi buah salak. selain enak dimakan langsung cara mengkonsumsi buah salak juga dapat dibuat asinan dan manisan. Bagi yang belum pernah ngrasain…..wuuaaahhhh…rasanya wuuueeennnaakkk ccooyyyy…..

Baca juga http://herbal85.blogspot.com/2010/03/manfaat-buah-salak-bagi-kesehatan-mata.html

About these ads

Perihal ditavidiminardi
semuanya serba ngak jelas!!!!!!!

2 Responses to Khasiat Buah Salak

  1. Cuapek deehh mengatakan:

    Waw aku baru tau klo wortel g bagus bagi mata, wah kyaknya harus hijrah dri wortel ke salak nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: